RPP KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI ( KBK )
KAMI MELAYANI SEBAIK MUNGKIN,,
SILAHKAN HUBUNGI NO WA KAMI :
081222940294 ATAU 08122099019
RPP KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
(
KBK )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : VII
Semester : 1 (
satu )
Alokasi Waktu : 2x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Lam dan
Ra
B.
Kompetensi Dasar
Menjelaskan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra
serta membedakan tafkhim dan tarqiq baik pada lam maupun ra'.
C. Indikator
1. Menjelaskan
pengertian Qalqalah
2. Menyebutkan
huruf-huruf Qalqalah
3. Menunjukkan
lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
4. Menjelasakan
pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra
5. Menjelasakan
pengertian lafdzu jalalah
6. Membedakan lam
dan ra' merupakan bacaan tafkhim atau tarqiq
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Pengertian
Qalqalah
2.
Huruf-huruf Qalqalah
3. Lafaz yang
mengandung bacaan qalqalah
4. Pengertian
tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan raLafdzu jalalah
5. Perbedaan
bacaan tafkhim atau tarqiq pada lam dan ra'.
E. Materi Ajar
1. Pengertian
Qalqalah
2.
Huruf-huruf Qalqalah
3. Lafaz yang
mengandung bacaan qalqalah
4. Pengertian
tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan raLafdzu jalalah
5. Perbedaan
bacaan tafkhim atau tarqiq pada lam dan ra'.
F. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. CTL
G. Alat/Sumber Belajar
1. Buku PAI Kelas
VIII Tim Abdi Guru Penerbit Erlangga
2. LKS MGMP PAI
SMP
3. Mushaf Al-Quran
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Guru memotivasi siswa
mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
2. Guru memilih beberapa
siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk
menjadi tutor sebaya.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
1. Guru memerintahkan siswa
agar membaca surat yang di dalamnya terdapat kandungan hokum
bacaan tajwid tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra’
bersama-sama
b. Elaborasi
1. Guru menjelaskan
ketentuan-ketentuan bacaan tafkhim dan
tarqiq pada huruf lam dan
ra’.
2. Guru memberikan
contoh-contoh bacaan tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra’.
3. Guru memberikan
pertanyaan tentang bacaan tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan
ra’.
c. Konfirmasi
1. Guru meluruskan hokum
bacaan tajwid tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra’ dengan
baik dan benar.
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
1. Guru dan peserta didik merefleksikan proses pembelajaran.
2. Mengadakan evaluasi
3. Menyampaikan kegiatan
tindak lanjut dengan memberikan secara kelompok
4. Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10 enit
|
I. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Tes
uraian
Tes
isian
3. Instrumen
1. Jelaskan pengertian qalqalah!
2. Sebutkan huruf-huruf qalqalah!
3. Jelaskan pengertian tafkhim !
4. Jelakan pengertian tarqiq
5. Apakah yang dimaksud lam jalalah!
Isilah dengan jawaban yang tepat !
a TAFKHIM =
Jika lafaz mengandung bacaan tafkhim
a TARQIQ =
Jika lafaz mengandung bacaan tarqiq
عَذَابُ اللهِ
|
خَزَائِنُ
اللهِ
|
أَلَيْسَ اللهُ
|
مِنْ دُونِ اللهِ
|
قُلِ اللهُ
|
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
5.
|
كَرْبٍ
|
فِرْعَوْنَ
|
زُرْتُمُ
|
وَالْفُرْقَانَ
|
وَاْلأَرْضُ
|
6.
|
7.
|
8.
|
9.
|
10.
|
Skor penilaian :
Skor
perolehan
Nilai = x 100
Skor
Maksimal
Mengetahui
Guru Mapel
PAI Kepala
Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran Kepala Sekolah :
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
KAMI MELAYANI SEBAIK MUNGKIN,,
SILAHKAN HUBUNGI NO WA KAMI :
081222940294 ATAU 08122099019
RPP KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
Post a Comment