10 Cara Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik
10 Cara Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik
_ Menurut Sardiman, A.M.(2006) motivasi belajar
adalah: kekuatan , dorongan, kebutuhan, semangat, tekanan atau mekanisme
psikologis yang mendorong seseorang atau sekelompok untuk mencapai prestasi
tertentu sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Motivasi paling tidak memat
tiga unsur esensial, yakni: (1) faktor pendorong atau pembangkit motif, baik
internal maupun eksternal, (2) Tujuan yang ingin dicapai,(3)Strategi yang
diperlukan oleh individu atau untuk mencapai tujuan tersebut.
Dalam Amrin (2009) mengungkapkan, “ motivasi adalah keadaan dan kesiapan
dalamdiri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam
mencapai tujuan tertentu.” motivasi sendiri terdiri atas dua macam, yaitu
motivasi internal dan motivasi eksternal. Motivasi internal adalah motivasi
yang datang dari dalam diri individu. Motivasi internal pada dasarnya didorong
oleh kebutuhan (need) . Jenis motivasi ini timbul dari dalam individu sendiri
tanpa ada paksaan dorongan orang lain, tetapi atas dasar kemauan sendiri,
peserta didik selalu memperhatikan materi pelajaran yang diberikan karena
didalam diri peserta didiktersebut ada motivasi,yaitu motivasi internal.
Baca juga :
5 Kesalahan Yang Wajib Dihindari Bagi Guru Di Sekolah
12 prinsip penerapan Full Day School
3 tips jadikan sekolah anda semarak sekaligus efektif
Bagi Generasi Z kegiatan ekstra kurikuler jauh lebih menarik dibanding belajar bersama guru di kelas.
5 Kesalahan Yang Wajib Dihindari Bagi Guru Di Sekolah
12 prinsip penerapan Full Day School
3 tips jadikan sekolah anda semarak sekaligus efektif
Bagi Generasi Z kegiatan ekstra kurikuler jauh lebih menarik dibanding belajar bersama guru di kelas.
Peserta didik yang demikian biasnya denga kesadaran
sendiri memperhatikan penjelasan guru. Rasa ingin tahunya lebih banyakterhadap
materi pelajaran yang berikan. Berbagai gangguan yang ada disekitarnya tidak
dapat mempengaruhinya, untuk membangun motivasi internal, guru dituntut mampu
menciptakan kebutuhan belajar didalam diri peserta didik.
Sedangkan motivasi eksternal adalah motivasi yang timbul
adanya dorongan dari luar individu. Jenis motivasi ini timbul sebagaiakibat
pengaruh dari luar individu karena tidak ada motivasi didalam dirinya, maka
motivasi eksternal yang merupakan dorongan dari luar dirinya mutlak n
diperlukan, apakah karena adanya ajakan , suruhan, atau paksaan dari orang lain
sehingga dengan keadaan demikian peserta didik mau melakukan sesuatu atau
belajar. Disini tugas guru adalah membangkitkan motivasi peserta didik sehingga
ia mau melakukan belajar.
Menurut Sukadi (2006) hal-hal yang mendorong
motivasi eksternl peserta didik untuk belajar sebagai berikut: (1) menciptakan
persaingan (kompetisi), (2) Menciptakan tujuan antara atau target (pace
making),(3)Memberi kesempatan untuk berhasil, (4) Mengadakan penilaian, dan(5)
Menghargai peserta didik.
Ada beberapa strategi yang bisa digunakan oleh guru
untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik,sebagai berikut:
10 Cara Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik
1. Tampil dengan prima
Tampil dengan prima pada saat memulai pelaksanaan
pembelajaran merupakan sebuah sugesti yang bisa mempengaruhi motivasi belajar
siswa untuk semangat dan termotivasi untuk belajar
2. Menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik.
Pada permulaan belajar mengajar seharusnya terlebih
dahulu seorang guru menjelaskan mengenai Tujuan Instruksional Khusus yang akan
dicapainya kepada siswa. Makin jelas tujuan maka makin besar pula motivasi
dalam belajar.
3. Hadiah.
Berikan hadiah untukpeserta didik yang berprestasi.
Hal ini akan memacu semangat mereka untu bisa belajar lebih giat lagi.
Disamping itu, peserta didik yang belum berprestasi akan termotivasi ntuk bisa
mengejar peserta didik yang berprestasi.
4. Saingan / kompetis.
Guru berusaha mengadakan persaingan diantara peserta
didiknya untuk meningkatkan prestasi belajarnaya, berusaha memperbaiki hasil
prestsi yang telah dicapai sebelumnya.
5. Pujian.
Sudah sepantasnya peserta didik yang berprestasi
untuk diberikan penghargaan atau pujian. Tentunya pujian yang bersifat
membangun.
6. Hukuman.
Hukuman diberikan kepada peserta didik yang berbuat
kesalahan saat proses belajar mengajar. Hukuman ini diberikan dengan haapan
agar peserta didik tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi
belajarnya.
7. Membangkitkan dorongan
kepada anak didik untuk belajar Strateginya adalah
memberikan perhatian maksimal ke peserta didik.
8. Membentuk kebiasaan belajar yang baik
Belajar yang baik merupakan salah satu cara
membangun motivasi belajar siswa, kebiasaan belajar yang baik seperi fokus,
displin dll
9. Membantu kesulitan belajar anak
Membantu kesulitan belajar anak didik secara
individual maupuin kelompok
10. Menggunakan metode yang bervariasi
Menggunakan metode yang bervariasi, dan menggunakan
media yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa
motivasi belajar segala hal yang dapat menyebabkan seseorang untuk melakukan
kegiatan belajar, baik itu berupa kebutuhan maupun yang berupa keinginan yang
timbul dari setiap individu. Demikianlah Cara Membangun Motivasi Belajar
Peserta Didik, semoga bermanfaat
Post a Comment