Cara Menyusun PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Beserta Contoh Formatnya
Cara Menyusun
PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Beserta Contoh Formatnya_Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai bagian dari
penelitian tindakan (action research) yang dilakukan di kelas bertujuan
memperbaiki mutu praktik di kelas. sedangkan tujuan utamanya adalah
meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran, mengatasi masalah
pembelajaran, meningkatkan profesionalisme, dan menumbuhkan budaya akademik.
PTK makin diminati dan menjadi prioritas di kalangan para guru. Oleh karena
itu, pengetahuan tentang PTK makin dibutuhkan. Masih banyak guru yang membuat
karya tulis ilmiah (KTI) menyebut tulisannya sebagai PTK, tetapi sebenarnya
belum atau bahkan bukan PTK.
Pada dasarnya ada beragam penelitian
yang dapat dilakukan oleh guru, misalnya penelitian deskriptif, penelitian
eksperimen, dan penelitian tindakan. Di antara jenis penelitian tersebut yang diutamakan dan disarankan
adalah penelitian tindakan kelas.
Baca juga:
Perbedaan Penelitian Kualitatif dan
Kuantitatif
Jenis-Jenis Penelitian
Tata Cara Penulisan Karya Ilmiah (TESIS)
Dalam penelitian tindakan terdapat kata
tindakan, artinya dalam hal ini
guru melakukan sesuatu. Arah dan tujuan
penelitian yang dilakukan oleh guru harus jelas, yaitu untuk kepentingan
peserta didik dalam meningkatkan hasil belajarnya, bukan untuk kepentingan guru.
Cara Menyusun PTK
(Penelitian Tindakan Kelas)
Beserta Contoh Formatnya
Setelah melakukan PTK, guru dituntut
untuk dapat menulis laporannya. Dalam penyusunan laporan, perlu mengikuti garis
besar sistematika yang umum digunakan. Untuk memudahkan menulis laporan,
terlebih dahulu harus dikembangkan format atau struktur laporan. Secara garis
besar, laporan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pembukaan, bagian isi,
dan bagian penunjang. Bagian pembukaan terdiri atas halaman judul, halaman
pengesahan, dan abstrak. Bagian isi terdiri atas pendahuluan, prosedur, hasil
dan pembahasan, simpulan dan rekomendasi atau saran. Bagian penunjang terdiri
atas daftar pustaka, lampiran-lampiran yang perlu, dan lampiran instrumen
penelitian. Penjelasan rinci, dapat diperhatikan contoh salah satu format
laporan PTK berikut ini.
CONTOH FORMAT LAPORAN PTK
* Halaman Judul
* Halaman Pengesahan
* Abstrak
* (Bahasa Indonesia + Bahasa Inggris, maksimum
masing-masing 150-250 kata )
* KATA PENGANTAR
* DARTAR ISI
* DAFTAR TABEL
* DAFTAR GAMBAR
* DAFTAR LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Masalah dan latar belakang masalah Uraikan secara lugas
masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan
tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B. Rumusan masalah Uraikan secara singkat bentuk tindakan
yang akan diambil (misal: mengapa berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan,
dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila
dipandang memungkinkan).
C. Tujuan penelitian Uraikan hasil penelitian yang diharapkan
(anticipated results) dari penelitian ini.
D. Ruang Lingkup Penelitian Sebutkan lingkup atau batas-
batas tindakan yang akan diambil peneliti.
E. Manfaat penelitian Uraikan secara jelas manfaat hasil
penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
BAB II
PEMBAHASAN, KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS
A. Pembahasan
uraikan dengan seksama dan deskriktif
variabel penelitian anda (Uraikan variabel X dan Y)
B. Kerangka pikir Adalah sintaks dari hasil analisa
variabel penelitian yang berbentuk skema yang menghasilkan sebuah pernyataan
C. Hipotesis Berisi dugaan sementara calon peneliti
terkait variabel penelitian yang biasanya ditandai dengan kalimat :jika...
maka...
BAB III PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN
KELAS
A.
Setting Penelitian Sebutkan lokasi
penelitian, waktu penyelenggaraan penelitian (misal: Semester I, II, bulan,
tahun, dst.), dan karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek
penelitian, serta bentuk aktivitas penggunaan ICT dalam pembelajaran.
B. Prosedur Penelitian1. Gambaran Umum
Penelitian
Uraikan gambaran umum penelitian yang
dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian yang dilakukan.
2. Rincian Prosedur Penelitian
a. Persiapan Tindakan
Sebutkan persiapan apa saja yang
dilakukan (seperti analisis diagnostik untuk menspesifikasi masalah dan rincian
penyebab timbulnya masalah), pembuatan alat-alat berbasis TIK dalam rangka tindakan, dan
lain-lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan di kelas
b. Implementasi Tindakan
Deskripsikan tindakan yang akan diambil,
skenario kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti
c. Pemantauan dan Evaluasi
Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi
tindakan, alat- alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria
keberhasilan tindakannya
d. Analisis dan Refleksi
Uraikan prosedur analisis hasil
pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat
dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi
tindakan daur ulang.
BAB IV: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Sajikan hasil penelitian atau temuan
setelah tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan masalah
yang telah dirumuskan, dan dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan
atau hasil PTK tersebut. Pembahasan hendaknya memberikan penjelasan tentang kegagalan
maupun keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila salah satu
atau keduanya ada, suatu tindakan
BAB V : SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan Simpulkan
hasil penelitian yang diperoleh secara lengkap, sesuai dengan masalah yang
diteliti
B. Saran- saran Ajukan saran- saran untuk penerapan
hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut dimasa mendatang.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN Lampirkan (a) model program/materi
pembelajaran berbasis TIKmultimedia yang sekaligus memperlihatkan skenario
tindakan, (b) instrumen penelitian, (c) data pendukung (contoh: hasil rekap
tabulasi data, foto dan lainnya), dan (d) lain-lain.
Laporan PTK dibuat
setelah penelitian selesai dilakukan dan setelah data diperoleh dari lapangan
kemudian dianalisis. Jadi laporan bukanlah karangan si penulis yang dibuat
tanpa disertai data dan informasi yang diperoleh di lapangan. Untuk memudahkan
menulis laporan lakukanlah hal-hal berikut:
1. Kembangkan judul atau sub judul untuk
setiap bagian dari format yang dikembangkan untuk memberi isi pada laporan
tersebut.
2. Tuliskan apa yang
ada dalam pikiran Anda, baik itu isi, fakta, konsep atau informasi lainnya,
tanpa memikirkan bentuk dan susunan kalimatnya terlebih dahulu.
3. Apabila isi yang Anda inginkan sudah masuk dalam
laporan tersebut, betulkan bentuk dan formatnya sesuai dengan bentuk dan format
yang dikembangkan.
4. Betulkan kalimatnya sesuai dengan
gramatika, sintaks, dan gaya penulisannya.
Hal lain yang penting dalam menulis
laporan PTK adalah sinkronisasi antara masalah, tujuan, hipotesis tindakan, dan
kesimpulan. Hal ini sangat penting,
karena masalah sebagai titik tolak dalam melakukan PTK, sehingga hasil dan
kesimpulannya harus berupa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa laporan PTK adalah cara untuk memecahkan
permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran.
Post a Comment