Latihan dan Pembahasan Soal UN Fisika SMA Tahun 2019
Squad, selain SBMPTN kamu juga harus terus
mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional mendatang. Jangan khawatir,
kali ini Ruangguru akan memberikan contoh latihan dan pembahasan soal UN
Fisika SMA tahun 2019. Sudah siap? Yuk, kita mulai!
1. Topik: Besaran dan Pengukuran
Indikator : Peserta didik dapat menghitung hasil
pengukuran menggunakan berbagai alat ukur berdasarkan aturan angka penting.
Perhatikan alat pengukuran jangka sorong berikut !
Hasil pengukuran dari jangka sorong
tersebut adalah ... mm
A. 40,4
B. 41,4
C. 41,6
D. 41,7
E. 42,5
Jawaban: D
Pembahasan:
Cara membaca jangka sorong adalah dengan
menjumlahkan Skala Utama dan Skala Nonius dari mikrometer.
Hasil pengukuran = Skala Utama + Skala
Nonius
= (4,10 + 0,07) cm
= 4,17 cm
= 41,7 mm
2.Topik :GerakLurus
Indikator : Peserta didik dapat menghitung besaran
yang berhubungan dengan gerak lurus
Ahmad mengendarai sepeda motor dengan
kecepatan 72 km/jam. Tiba-tiba ada anak kecil ditengah jalan pada jarak 50 m
dari pengendara. Jika motor direm dengan perlambatan konstan sebesar 2 m/s2, peristiwa yang terjadi
adalah....
A. motor Ahmad berhenti
secara seketika dan masih berjarak 50 m dari anak kecil
B. motor Ahmad berhenti
sebelum menabrak anak kecil
C. motor Ahmad berhenti
tepat sebelum menabrak anak kecil
D. motor Ahmad berhenti
setelah menabrak anak kecil
E. motor Ahmad tidak
berhenti
Jawaban: D
Pembahasan:
Karena satuan kecepatan dan perlambatan
berbeda, maka harus dikonversi. Satuan akan dibuat dalam satuan internasional,
dikonversi ke dalam bentuk m dan detik.
Maka kecepatan menjadi
72 km/jam=20 m/s
Karena percepatan motor adalah -2 m/s2, maka kita harus mencari
kecepatan motor saat mencapai jarak 50 m. Adapun persamaan yang digunakan
adalah:
Berdasarkan perhitungan di atas, kecepatan
ahmad saat ia mencapai jarak 50 meter adalah . Hal ini menandakan
bahwa, saat motor ahmad mencapai jarak 50 m, motor Ahmad masih memiliki
kecepatan. Sehingga dapat disimpulkan anak kecil tersebut tertabrak motor
Ahmad, atau dengan kata lain motor Ahmad berhenti setelah menabrak anak kecil.
Sehingga jawabannya adalah D.
3. Topik : Momen Inersia
Indikator : Peserta didik dapat menjelaskan faktor
yang memengaruhi momen inersia benda/menghitung besaran pada momen inersia dan
momentum sudut/menganalisis momen inersia benda jika sumbu putar diubah
Sebuah bola pejal bermassa 2 kg memiliki
jari-jari 10 cm. Bola pejal tersebut diputar pada sumbunya yang melalui pusat
bola dengan kecepatan 900 rpm. Momentum sudut bola pejal tersebut adalah ...
kgm2/s.
A. 0,16 π
B. 0,24 π
C. 0,48 π
D. 0,52 π
E. 0,64 π
Jawaban: B
Pembahasan:
m=2 kg
R=10 cm =0,1 m
Momen inersia bola pejal tersebut adalah
Besar kecepatan sudut bola tersebut adalah
Sehingga besar momentum sudutnya yaitu
4. Topik : Usaha dan Energi
Indikator : Peserta didik menjelaskan konsep usaha
dan energi
Seorang kuli menarik ember berisi air
sumur bermassa total 5 kg. Ember diikat tali yang kemudian ditarik dari
ketinggian 5 meter sampai ketinggian 20 meter dihitung dari dasar sumur. Jika
percepatan gravitasi 10 m/s2, maka besar usaha yang dilakukan adalah
... J.
A. 750
B. 1.000
C. 1.250
D. 1.500
E. 1.750
Jawaban: A
Pembahasan:
Usaha yang dilakukan kuli merupakan
perkalian antara gaya dengan jarak yang ditempuh ember atau
Pada kasus ini gaya F yang berperan benilai sama dengan gaya berat, F=m g sehingga
5. Topik : Dinamika
Indikator : Peserta didik dapat menganalisis
peristiwa yang berhubungan dengan fluida statis/dinamis
Suatu fluida mengalir pada sebuah pipa
dengan debit tetap. Pipa tersebut memiliki diameter 2 m. Setelah diukur
kecepatan fluida melaju adalah 10 m/s. Tentukan kecepatan fluida jika fluida
tersebut melewati pipa dengan diameter 4 m!
A. 1 m/s
B. 1,5 m/s
C. 2 m/s
D. 2,5 m/s
E. 3 m/s
Jawaban : D
Pembahasan :
D1 = 2 m; R1 = 1 m
D2 = 4 m; R1 = 2 m
v1 = 10 m/s
6.Topik :GelombangdanCahaya
Indikator : Peserta didik dapat menjelaskan sifat
bunyi/menjelaskan persamaan Efek Doppler/menerapkan persamaan Efek Doppler
Budi berdiri di pinggir jalan kemudian
melintas sepeda motor di depannya. Sebelum melewati Budi, pengendara motor
tersebut membunyikan klakson dengan frekuensi 900 Hz. Namun yang didengar oleh
Budi adalah 1000 Hz. Berapakah kecepatan sepeda motor tersebut? (kecepatan
bunyi di udara 340 m/s)
A. 14 m/s
B. 24 m/s
C. 34 m/s
D. 44 m/s
E. 54 m/s
Jawaban : C
Pembahasan :
7. Topik : Kalor
Indikator :Peserta didik dapat menerapkan persamaan
asas black/menyimpulkan hasil akhir dari peristiwa yang melibatkan asas black
Sebuah logam bermassa 2 kg dimasukkan ke
dalam wadah berisi 4 liter air. Suhu logam dan air masing-masing adalah
80 0C dan 10 0C. Jika kalor jenis logam 0,11 kal/g. 0C dan kalor jenis air 1
kal/g. 0C, tentukan suhu keduanya setelah setimbang! (ρair = 1 g/mL)
A. 13,65 0C
B. 14,41 0C
C. 15,32 0C
D. 16,22 0C
E. 17,17 0C
Jawaban : A
Pembahasan :
8. Topik : Gelombang dan Cahaya
Indikator : Peserta didik dapat menjelaskan
pembentukan bayangan pada alat optik/menganalisis data dalam suatu alat optik
guna memperoleh suatu besaran/menerapkan persamaan pada alat optik/menganalisis
gambar/peristiwa pada alat optik.
Nobita menderita miopi sehingga dia tidak
dapat melihat dengan jelas benda yang berjarak lebih dari 10 meter dari
matanya. Berapakah kekuatan lensa yang dibutuhkan Nobita agar dapat melihat
dengan normal?
A. 0,1 dioptri
B. 0,2 dioptri
C. 0,3 dioptri
D. 0,4 dioptri
E. 0,5 dioptri
Jawaban : A
Pembahasan :
9. Topik: Fisika Inti
Indikator: Peserta didik
dapat menghitung besar energi pada reaksi inti
Inti atom yang terbentuk memenuhi reaksi
fusi berikut
Jika diketahui :
Nilai E (energi yang dihasilkan) pada reaksi fusi tersebut adalah ... MeV.
A. 0,44
B. 0,88
C. 0,98
D. 1,02
E. 1,47
Jawaban: B
Pembahasan:
Reaksi fusi (penggabungan) yang terjadi
pada inti atom adalah
Dengan
Maka energi yang
dihasilkan (E) dalam reaksi fusi inti atom tersebut adalah
10. Topik : Fisika Inti
Indikator : peserta didik dapat menjelaskan manfaat
unsur radioaktif
Pemanfaatan radioisotop dalam bidang
industri adalah ....
A. mengukur kandungan air
tanah dan sirkulasi darah
B. mendeteksi kebocoran
pipa.
C. mengukur umur fosil
D. mengukur endapan lumpur
dan kekuatan material
E. mengukur kecepatan debit
air dan endapan lumpur
Jawaban: B
Pembahasan:
Diantara manfaat radioisotop dalam bidang
industri adalah
- isotop radioaktif yang menghasiljan sinar gamma
digunakan untuk perunut. Misal untuk mengamati kebocoran tangki dan pipa
serta mengamati kebocoran bendungan. Selain itu, untuk mengetahui
keretakan pada pesawat terbang dan gedung.
- Radiasi sinar gamma digunakan untuk vulkanisasi
karet alam, pelapisan permukaan kayu, serta pembuatan bahan aditif untuk
industri sepatu.
Sehingga jawabannya adalah B
Bagaimana Squad? Semoga 10 latihan soal
dan pembahasan ini bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri menghadapi UN
ya. Masih ingin melihat pembahasan soal lainnya? Jangan lupa untuk
berlangganan ruangbelajar, supaya kamu bisa
menonton ribuan video pembahasan SBMPTN supaya #BelajarJadiMudah.
Post a Comment