Header Ads

9 CARA MEMBUAT RPP YANG UNIK DAN TIDAK BIASA

IKUTI BERITA TENTANG PERANGKAT PEMBELAJARAN


9 CARA MEMBUAT RPP YANG UNIK DAN TIDAK BIASA

SEKITAR DUNNIA INI SEBENARNYA UNIK..!

Kebannyakan RPP merupakan hal yang paling sulit dibuat oleh para guru (sibuk) sejatinya membuat Rpp sangatlah mudah , dan ini telah dibuktikan oleh beberapa orang (guru) yang telah berhasil membuatnya.dari mulai sampul , pembuka ,isi ,dan penutup.                                                                                                 
JIka biyasanya para guru di Indonesia,menggunakan buku cetak maka itu sama saja guru di Indonesia masih menggunakan kurikulum 2003,jika guru yang sudah menggunakan k13 refisi 2017 pasti akan selalu memiliki RPP k13.
Namun ada yang aneh dan unik dengan guru yang belum menggunakan RPP k13.Kalau biyasanya guru yang sudah menggunakan RPP k13 refisi 2017 yang bagus dan cukup mahal , itu akan mempengaruhi cara guru dalam mengajar siswa yang baik dan benar.
1. RPP disusun buat tiap-tiap KD yg sanggup dilaksanakan dalam satu kali jumpa atau lebih.                               
2.RPP yg baik itu terang, siapapun yg mengajarkan dapat sanggup membaca & lakukan dikarenakan didalamnya dipaparkan step demi step (proses) .                                                                                                                     
3. RPP menggambarkan mekanisme, struktur organisasi pembelajaran utk mencapai Kompetensi Basic yg ditetapkan dalam standar mengisi dan dijabarkan dalam silabus.                                                                   
4.Susunan indikator dalam RPP guru melibatkan 3 factor(kognitif, afektif, psikomotorik) namun tak mesti seluruh.                                                                                                                                                                                                         
5.Maksud pembelajaran wajib memuat ABCD atau lebih katanya audience, behaviour, condition, & degree. Maksudnya, dalam maksud pembelajaran mesti terdapat peserta didik (audience), tabiat belajar(behaviour), keadaan menuntut ilmu (condition), & tingkat kesuksesan (degree).
Lewat pengamatan menyangkut keperluan hidup sehari-hari (condition), peserta didik (audience) bisa mengetahui tipe kepentingan & media pemuas keperluan manusia (behaviour) bersama tingkat ketercapaian 80% ” pas bersama KKM” atau dgn tingkatan lain (degree).
diluar itu dalam maksud serta terkandung karakter kepribadian bangsa contohnya Jujur, nasionalis, kerja keras ataupun ketrampilan sosial contohnya ketrampilan berpendapat dalam diskusi, ketrampilan tanya dan seterusnya.
6.Ciri-ciri indikator yg kreatif dalam menyusun RPP merupakan berorientasi kepada product yg dapat dibuat oleh peserta didik. Contohnya peserta didik menciptakan jurnal umum pula tidak sedikit lagi tipe penugasan yg kreatif & memaksa peserta didik mempreaktekan berpikir tingkat tinggi.                                     
7.RPP berisi kegiatan-kegiatan yg terstruktur, Bila tak terstruktur mungkin saja gede kelas berantakan.
8.Serta-merta mengajar tidak dengan RPP boleh saja, asal sang pendidik telah mengerti dan mendokumentasikan skenario pembelajaran 1 thn.                                                                                                  
9.Standar kusus RPP; ada langkah-langkah awal, inti, akhir pula disertakan tipe penilaiannya.


       
Sesudah memahai poin-poin di atas kemudian butuh mengenal komponen-komponen RPP tepat dengan standar proses pendidikan Indonesia juga sebagai berikut :

Komponen- Komponen RPP merupakan :

1.Identitas mata pelajaran
Identitas mata pelajaran, meliputi : unit pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah jumpa.

2.Standar kompetensi
Standar kompetensi ialah kualifikasi kebolehan minimal peserta didik yg menggambarkan penguasaan wawasan, sikap, & keterampilan yg diinginkan di raih terhadap tiap-tiap kelas dan/atau semester kepada sebuah mata pelajaran.

3.Kompetensi basic
Kompetensi basic merupakan sebanyak kebolehan yg mesti dikuasai siswa dalam mata pelajaran tertentu yang merupakan rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam sebuah pelajaran.

4.Indikator pencapaian kompetensi
Indikator kompetensi ialah tingkah laku yg mampu diukur dan/atau diobservasi buat menunjukkan ketercapaian kompetensi basic tertentu yg jadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan bersama memakai kata kerja operasional yg mampu diamati & diukur, yg mencakup wawasan, sikap, & keterampilan.

5.Maksud pembelajaran
Maksud pembelajaran menggambarkan proses & hasil mempelajari yg diinginkan di raih oleh peserta didik cocok dgn kompetensi basic.

6.Materi ajar                                                                                                                               
Materi ajar memuat bukti, rencana, prinsip, & mekanisme yg relevan, & ditulis dalam wujud butir-butir pas dgn rumusan indikator pencapaian kompetensi.

7.Alokasi disaat
Alokasi kala ditentukan pas dgn kepentingan utk pencapaian KD & beban menuntut ilmu.

8.Metode pembelajaran
Metode pembelajaran dimanfaatkan oleh guru buat wujudkan suasana mencari ilmu & proses pembelajaran biar siswa mencapai kompetensi basic atau seperangkat indikator yg sudah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dgn situasi & keadaan peserta didik, pun karakteristik dari tiap-tiap indikator & kompetensi yg hendak di capai kepada tiap-tiap mata pelajaran.

9.Gerakan pembelajaran

a.Pendahuluan
Pendahuluan adalah gerakan awal dalam sebuah jumpa pembelajaran yg ditujukan utk membangkitkan memotivasi & memfokuskan perhatian peserta didik utk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

b.Inti
Gerakan inti yaitu proses pembelajaran utk mencapai KD. Aktivitas pembelajaran dilakukan dengan cara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, motivasi peserta didik buat berpartisipasi aktif, pula memberikan area yg lumayan bagi prakarsa, kreativitas, & kemandirian serasi dgn bakat, ketertarikan, & perkembangan fisik pun psikologis peserta didik. Gerakan ini dilakukan dengan cara sistematis & sistemik lewat proses eksplorasi, elaborasi, & konfirmasi.

c.Penutup
Penutup yakni gerakan yg dilakukan buat mengakhiri kegiatan pembelajaran yg bisa dilakukan dalam wujud ringkasan atau ringkasan, penilaian & refleksi, umpan balik, & tindak lanjut.

10.Penilaian hasil menggali ilmu
Mekanisme & instrumen penilaian proses & hasil mempelajari disesuaikan dgn indikator pencapaian kompetensi & mengacu pada Standar Penilaian.

11.Sumber mencari ilmu
Penentuan sumber menggali ilmu didasarkan terhadap standar kompetensi & kompetensi basic, pun materi ajar, aktivitas pembelajaran, & indikator pencapaian kompetensi.

Rangkuman

RPP adalah sebuah aspek pokok buat menolong kesuksesan pembelajaran yg dilakukan sang pendidik, Rpp mesti disusun bersama benar supaya maksud pembelajaran yg ditargetkan tercapai bersama optimal. Rpp yg baik ialah RPP yg terang, Maksudnya siapapun yg mengajarkan dapat sanggup membaca & jalankan dikarenakan didalamnya dipaparkan step demi step (proses). Dalam menyusun RPP kita berpedoman kepada standar proses pendidikan, oleh lantaran itu kita mesti mendalami standar proses tersebut biar tak berlangsung kekeliruan.



the author: muhamad febri


untuk info pemesanan rpp k13
silahkan hubungi no
WA ini :081222940294






9 CARA MEMBUAT RPP YANG UNIK DAN TIDAK BIASA


https://youtu.be/4ZA2zhepnug

Tidak ada komentar

Syariah, Cara Modern Belajar Ekonomi Syariah

Syariah, Cara Modern Belajar Ekonomi Syariah Saya termasuk dalam kategori mahasiswi era konservatif.   Kuliah harus tatap muka, datang ...

Diberdayakan oleh Blogger.